Tolong bantu buatin Tugas proyek B.indo
Dengan Tema: Dampak pandemi covid-19.
Teks yang dibuat harus berisi informasi dari hasil pengamatan/ pengalaman/ penelitian.
Minimal tiga paragraf sesuai struktur tesis, argumen, dan penegasan ulang.
Kasi sebelum jam 5 ya bang, yang jawab gak jelas aku report yang jawab benar2 dapat 50 point,dan kalau bisa jangan langsung di ketik di sini ya, di word atau power point.​

Tolong bantu buatin Tugas proyek B.indo
Dengan Tema: Dampak pandemi covid-19.
Teks yang dibuat harus berisi informasi dari hasil pengamatan/ pengalaman/ penelitian.
Minimal tiga paragraf sesuai struktur tesis, argumen, dan penegasan ulang.
Kasi sebelum jam 5 ya bang, yang jawab gak jelas aku report yang jawab benar2 dapat 50 point,dan kalau bisa jangan langsung di ketik di sini ya, di word atau power point.​

Pendahuluan

Hai Brainly Lovers, ketemu lagi sama kak Kim. Kali ini kk akan bantu menjawab pertanyaan ini. Tapi sebelumnya, kalian tahu tidak apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?

Teks eksposisi merupakan teks yang bertujuan untuk menerangkan, menjelaskan, atau menjabarkan suatu hal atau objek dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat. Biasanya teks eksposisi mengemukakan suatu permasalahan yang aktual, baik berupa masalah pendidikan, budaya, ekonomi, maupun politik.

Teks eksposisi memuat penilaian, dorongan, atau ajakan-ajakan tertentu kepada khayalak.

Struktur yang terdapat didalam Teks eksposisi ada tiga, yaitu:

  1. Tesis atau pembukaan, berisi tentang pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks.
  2. Rangkaian argumen, berisi tentang argumen-argumen (alasan) yang mendukung pernyataan penulis.
  3. Penegasan ulang, berisi tentang pengulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pernyataan tesis.

Pembahasan

Pada kesempatan kali ini, soal meminta kita untuk membuat sebuah teks eksposisi dengan tema Dampak Pandemi Covid-19 beserta strukturnya yang meliputi tesis - argumentasi - penegasan ulang. Beeikut ini adalah jawabannya!

Teks eksposisi Bertema Dampak Pandemi Covid-19

Tesis

Pandemi COVID-19 sudah melanda Indonesia tahun 2020 silam. Pada saat itu, belum ada vaksin untuk COVID-19. Sehingga, semua kegiatan, baik pekerjaan, sekolah, dan lain sebagainya diberhentikan dengan sementara.

Argumentasi

Adanya wabah COVID-19 ini tentu memiliki banyak kerugian. Karena semua aktivitas yang selalu kita lakukan setiap hari dengan lancar, kini harus terpaksa untuk berhenti karena wabah ini. Selain itu, aktivitas belajar mengajar pun kini harus daring.

Dampak negatif bagi siswa jika belajar daring adalah mereka akan menggunakan handphone untuk hal lain selain belajar. Misalnya bermain game online. Selain itu, juga untuk siswa yang tempatnya kurang mendukung koneksi internet atau tidak punya uang untuk membeli handphone maupun kuota, mereka akhirnya terpaksa untuk putus sekolah. Tentu saja hal ini menjadi tantangan bagi negara Indonesia.

Selain dampak negatif di atas, nyatanya pandemi ini pun memiliki dampak positif, yaitu kita akan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan banyak beribadah, berdo'a, dan berdzikir.

Setelah sekian lama, banyak para ilmuwan yang mulai menciptakan vaksin COVID-19. Dan kini, vaksin COVID-19 sudah ada di Indonesia. Dengan adanya vaksin ini, diharapkan negara Indonesia mau menerimanya dan mulai kembali normal seperti sedia kalanya.

Penegasan Ulang

Jika dilihat dari dampaknya, ternyata pandemi ini memiliki dampak negatif yang begitu banyak. Sehingga, diharapkan dengan vaksin tersebut, Indonesia bisa kembali normal seperti sedia kala, aktivitas belajar mengajar pun tidak lewat daring yang mengakibatkan siswa menjadi kecanduan, terutama kecanduan game online.

────────────────────────

Pelajari Lebih Lanjut

→ Analisislah struktur teks eksposisi berikut!

  • https://brainly.co.id/tugas/46066543

→ Buatlah teks eksposisi dengan judul Indahnya Berbagi Ilmu dan jelaskan stukturnya.

  • https://brainly.co.id/tugas/45775093

Detail Jawaban:

  • Mapel: Bahasa Indonesia
  • Kelas: 8
  • Bab: Bab 3 - Teks Eksposisi dalam Media Massa
  • Kode kategorisasi: 8.1.3

Kata kunci: teks eksposisi, Dampak Pandemi Covid-19, tesis, argumen, pernyataan ulang

#LearnWithKim